MEMOAR BUAT IDA METAL


Sering kali kita menyimak para pendekar Heavy Metal melakukan atraksi solo gitar dengan teknik yang mengagumkan. Hal ini nggak salah mengingat bahwa mereka punya skill yang benar-benar mumpuni. Cuma yang perlu kita sadari bahwa para dewa gitar Heavy Metal tersebut bersandar pada sound effek yang bejibun banyaknya.

Jadi kalo kita mau benar-benar obyektif menilai mana gitaris metal yang skillful dan punya karakteristik speed yang cepat dan rapih ya Ingwie Malmsteen orangnya. Dia punya karakteristik yang klasikal banget. Liat aja perfomancenya yang mirip banget sama Beethoven dan ini nggak salah kata penasehat spiritualnya Pak Wasis kalo lagi puyeng karena banyak siswa yang nggak nggak lulus ya denger aja lagu klasik biar fresh.


  1. Untuk itu perlu dilakukan komparasi dengan para gitaris metal lainnya :

  2. Slash (Guns N Roses) menyesuaikan diri dengan sang front man (Axl Roses) sehingga sering menampilkan sayatan efek gitar di akhir licknya mengingat bahwa Axl juga sering memanjang-manjangkan vokal.

  3. Kirk Hammet sering mengobral efek distorsi yang berlebihan hal ini nggak salah karena METALLICA punya karakteristik distorsi yang suram menyesuaikan diri dengan karakter vokal dari James Hetfield.

  4. Eddie Van Halen sering 'lupa diri' dalam bersolo gitar ya nggak salah juga karena dia motornya VAN HALEN.

Jadi yang enak yang mana? Ya coba simak permainan Ingwie Malmsteen yang cantik dan ciamik. Apalagi jika digabungkan dengan permainan musik klasik dari Tokyo Orkestra. Teknik gitarannya yang rapih dan lembut terdengar sangat mempesona bikin pikiran jadi rileks. Bener kata Ari Kodam kita nggak usah stress mikirin kerjaan. Mendingan kita denger musiknya Ingwie yang mempesona daripada pusing mikirin siswa yang nggak lulus karena kurang konsentrasi.


n.b. Bulan Oktober Ingwie merilis album baru...so get it and listen.....enjoy your self.



0 komentar: