gadai laptop, kenapa enggan?

Siang tadi, abis Jum'atan pas mau buka kantor aku lihat ada bapak-bapak lagi duduk nyantai di depan toko sebelah Cabangku. Tak pikir sih lagi benerin motor...dan kalo ga salah liat, si Bapak ini udah dari tadi jam tutup istirahat ada di situ.
Sudah buka-buka pintu...eh ternyata si Bapak ikut masuk kantor..... aoalah..ternyata beliau mau menggadai laptop-nya.
Ga ada yang aneh dari proses gadai laptop ini sampai ketika Karina...pengentry data menanyakan alamat si Bapak ( ternyata KTP-nya Pati )
* alamat Semarang di mana Pak?
+ saya ga punya alamat di Semarang
* alamat yang bisa dihubungi Pak?
+ ya di Pati itu mbak
bertanyalah akuwh
* Lha Bapak ini dari Pati to?
+ Iya mbak...ke Semarang cuma mau gadai laptop
* Waduh..emang di Pati ga bisa apa?
+ Nggak mbak, saya udah coba ke Kudus, Demak, dan di Pati sendiri tapi disuruh ke Semarang...
Wedew guys....asli akuwh trenyuh lho...Jauh amat perjalanan gadai laptop ini, masak iya sih di Kudus Pati Demak ga ada yang berani terima laptop? sayangnya ketika akuwh tanya dia mampir ke Cabang Mijen apa nggak, dia bilang nggak...kalo bilang iya dan ditolak juga di sana...wah.....memalukan sekali Lik Tikno....

Kenapa beberapa penaksir kita segan menerima laptop? mungkin karena mereka tidak punya bekal cukup untuk menaksir sebuah laptop. Now it's my turn to share my knowledge about how to check up a notebook...CMIIF ya guys...
1. Cek kondisi fisik laptop sebelom cek daleman laptop-nya..apakah apakah ada retakan, atau goresan, lihat juga pada bagian engselnya apakah retak/normal. Cek deh..kertas segelannya..biasanya kalo udah robek/rusak berarti udah pernah diservis/dibuka mesinnya
2. Hidupkan power, cek LCD. rubah warna desktop jadi hitam/putih ( klik kanan pada desktop, pilih properties, buang deh wallpaper sementara ganti dengan warna putih/hitam dan lihat apakah ada blentong/bercak/titik warna merah, kalo ada mending tolak aja...)
3. Cek keyboard ketik sembarang, mouse, usb-nya, dvd-nya kalo punya cd nganggur di kantor juga peripheral lainnya...webcam, blututh de-el-el
4. Cek hardisk apakah ada bad sector caranya :>> klick start >> klick All Program >> pilih Accessories >> pilih System Tool >> klick Disk Defragment >> Analyze hardisknya, apakah ada bad sector
5. Selama kita utak atik tuh laptop, sekaligus kita bisa uji ketahanan nih baterai laptop...cek juga apakah adaptor charger-nya masih berfungsi
6. Cek daleman laptop pake start>>run>>dxdiag bakalan kelihatan spesifikasi tuh laptop test juga speaker laptop lewat test direct sound/direct music
7. Lihat fitur laptop tersebut misalnya WiFi, blututh, MMC, juga kelengkapan laptop CD driver, buku manual, CD recovery, dan juga tas..kalo ga ada tas ya minimal kardusnya lah

Kayaknya....itu aja yang bisa aku bikin buat cek kondisi laptop yang mau dijadikan agunan. Masalah harga sih...lihat-lihat aja koran atau majalah...saran aku sih..jangan terima laptop yang Pentium, udah ga jaman...yang besar dan berat juga jangan lah....udah ga musim...hehe
So guys....semoga bermanfaat buat semua ya...ada yang mau nambahin?

see ya

9 komentar:

materials mengatakan...

mulberry purse
mulberry purses
discount mulberry
chloe bag
chloe paddington

Nugroho mengatakan...

Saya mo menggadaikan laptop saya HP Compaq C300, di pegadaian kranggan bekasi, tapi di tolak karena prosesornya INTEL Celeron. Emang begitu ya Mas aturannya...???

tips blog mengatakan...

wah, kian rame aje, Bos

thx atas tumpangannya

tips komputer mengatakan...

terima kasih atas tipsnya, semoga bermanfaat, ya Bos

Bisa gak nggadai cewek ???

Anonim mengatakan...

Malah penggadaian di rengasdengklok hanya terima gadai emas saja dengan alasan idak terima NB walau itu core 2 duo he he he lucu ya.

dyahnurainy.blogspot.com mengatakan...

Perum Pegadaian itu super ribet....masa mau gadai laptop aja harus pake kardusnya.Beli dah kapan tau ya kardusnya udah ke laut lah.Motonya harus dirubah tuh,"menyelesaikan masalah dengan nambah masalah" sebab harus nyari lagi dus laptopnya.

Hendi Permana Kusuma mengatakan...

Anda butuh Uang ! Silakan gadaikan Laptop/netbook anda !
Apakah anda butuh uang pinjaman segera & punya Laptop atau Netbook lengkap dengan Chargernya? Bila ya silakan gadaikan Laptop atau Netbook anda ke Kami dalam kondisi baik di sertai Chargernya ?
Syarat mudah,Proses cepat & lang sung cair,tanpa potongan & biaya administrasi,Bunga Rendah(bagi Debitur tercepat), Kami jamin keamanan barang anda.Kami akan lebih dahulukan penggadai Laptop atau Netbook berharga sekitar Rp.3 Jutaan.Bila anda berminat gadaikan silakan hubungi Kami di No.HP : 0811255798,atau No.Telp:021 3916256,boleh via SMS atau hendi.pk@gmail.com
Bunga Rendah cuma berlaku bagi para 20 calon Debitur(penggadai Laptop atau Netbook)yang tercepat menghubungi Kami.
Kami lebih mengutamakan Penggadai dari Jabotabek

Jef Rizal mengatakan...

Pengalaman saya di pegadaian senin 22 sep 2014.
Masuk ke pegadaian lalu bertanya ke petugas!
Bisa gadai laptop bu?
Bisa pak jawab petugas,merknya apa pak?
Asus G51j jawab saya.(enteng)
Sambil tanya2 entah sama temannya entah pada bosnya? Kodisi bagaimana pak (petugas)!
Kodisi 75% bu nota pembelian ga tau lagi dimana simpannya sudah 2tahun lebih pakai(saya)
Ok pak,butuh pinjaman berapa? kalau tidak ada bon silahkan bapak beli materai 3000 dan fhoto copy ktp.
Saya butuh Rp 1 jt bu,saya jemput dulu laptopnya,lalu beli materai 6000 dan fhoto copy ktp 8 lembar untuk stok.
Sesampainya di pegadaian...buka ROG kesayangan On ready Asus republik off gamer muncul.
Lalu petugas minta dilihatkan prosesornya.
Saya buka jeroan ROG sampai cek keyboard Qwerty a sampa z.,-+*/:;'" pungsi ok.
Lalu petugas bertanya bapak kerja dimana?
Saya jawab teknisi electronica.
Petugas sudah pernah dibuka laptopnya pak?
Saya jawab sudah bu,membersihkan debu di fannya.
Oh....kalau begitu tidak bisa pak karena segelnya sudah dibuka!
Tanpa banyak cincong saya jawab dengan agar dongkol! Saya kemari untuk mengadai bukan untuk menjual!
Apa salah saya membuka segelnya bu?
Lagian kalau 2 tahun pakai kondisi debunya bagaimana,seharusnya ibu pampangkan di depan hanya terima laptop bersegel resmi,dan bukan seorang teknisi yang menggadai.
Percuma saya siapkan syarat2nya akhirnya ibu tolak barang saya,coba ibu cari tahu harga beli dan jual Laptop saya ini Asus G51j ini,pinjam cuma 1juta saja bermasalah!
Ganti mottonya pegadaian,jangan buat :mengatasi masalah tanpa masalah.HOAX!
Saya contoh di buat permasalahan.

Kalau ada masalah jangan cari masalah!
Terima kasih.

Jef Rizal mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.