Hasil Pertemuan 18 Januari 2009

Secara singkat hasil pertemuan tanggal 18 Januari 2009 adalah sbb :

Dihadiri sekitar 40 orang dari angkatan 94,95 dan 96, dari Kanwil bandung sebanyak 2 orang yang selebihnya adalah dari Jakarta

Dengan pertemuan ini agar dibuat assosiasi profesi penaksir Indonesia yang memiliki manfaat :
1. Dapat meningkatkan kualitas SDM sebagai penaksir (Pegadaian) di seluruh Indonesia
2. Dapat meningkatkan kesejahteraan anggota
3. Dapat menjadi rujukan dan barometer di forum-forum lain sehingga dikenal dan menjadi peta kekuatan penaksir dan menjadi lembaga resmi yang berbadan hukum.

Mengapa APPI ? sebab jika Assosiasi Apraisal Indonesia telah ada sehingga dengan menambahkan profesi sehingga menjadi APPI. Selain dari pada pertemuan 18 Januari 2009 diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya APPI yang akan menggaet penaksir dari berbagai angkatan asal bersertifikat penaksir.

Mengingat keterbatasan waktu anggaran dasar dan rumah tangga APPI akan dibahas oleh tim kecil di kemudian hari (akan ditentukan panitia) yang terdiri dari perwakilan yang hadir : Angkatan 94 sebanyak 5 orang, Angkatan 95 sebanyak 5 orang dan Angkatan 96 sebanyak 5 orang. Sedangkan kepengurusan juga akan ditentukan di kemudian hari.

Visi dan misi APPI harus terbebas dari unsur politik sehingga tidak ditujukan untuk kepentingan politik sehingga hanya mendedikasikan profesi penaksir untuk meningkatkan kualitas SDM melalui tukar informasi atau sharing pengalaman.

Akan dibuat forum yang efektif untuk anggota APPI sehingga anggota-anggota yang di daerah (diluar Jakarta dapat merasakan manfaatnya.
Anggota APPI dapat berkontribusi mengembangkan diri misalnya menjadi pengajar resmi di berbagai instansi asal tidak melanggar kode etik profesi.

Pengurus APPI (asosiasi profesi penaksir Indonesia) akan dipilih setelah terbentuknya AD/RT.

Setelah cikal bakal APPI ini solid maka akan mengundang penaksir yang berasal tidak hanya dari STAN Prodip saja mengingat APPI ini tidak menyatakan sebagai lembaga yang ekslusif.

Demikian yang dapat saya rangkum, barangkali ada teman yang mau menambahkan silahkan. Untuk foto TKP dan personilnya barangkali The Tita (angkatan 95) yang berwenang.

-WieD-

0 komentar: