MEMOAR BUAT ARI HUSNA


Rekan-rekan kalo lagi mampir ke Palembang jangan lupa singgah ke pulau Kemaro. Apalagi buat Ari Husna yang berbakat jadi presenter jejak petualang. Pulau kemaro adalah pulau kecil di tengah sungai Musi yang dapat dijangkau dengan mudah dari jembatan Ampera. Kisah mengenai pulau Kemaro konon dahulu kala ada seorang putri yang cantik jelita yang dilamar oleh pangeran dari negeri seberang. Mengingat bahwa dulu di perairan sungai Musi banyak perompak, maka sang pangeran menyamarkan seserahan untuk mas kawin yang berupa emas perhiasan dengan sayuran. Sang putri yang melihat hantaran mas kawin hanya berupa sayuran merasa marah dan membuang sayuran tersebut beserta isinya ke dalam sungai Musi. Ternyata setelah diberi tahu bahwa di dalamnya terdapat emas perhiasan yang jumlahnya sangat banyak maka sang putri merasa frustasi dan kecewa telah menjadi orang yang 'kemaruk'. Dari situlah asal mula nama pulau Kemaro yaitu sifat putri tersebut yang 'kemaruk' terhadap harta.

Cara yang paling mudah untuk sampai ke pulau Kemaro adalah melalui jalan kecil di samping PT PUSRI Palembang. Atau tentunya yang paling asyik naik speed boat dari jembatan Ampera. mengenai soal makanan dan minuman tidak perlu khawatir karena ada pusat jajanan terapung di atas sungai Musi. Kita bisa mengunjungi kedai jajanan terapung dan dapat memilih jenis makanan sesuai dengan selera kita. Yang paling mak nyuss tentunya menikmati empek-empek sambil menyeruput tes manis diatas kedai terapung...apalagi jika bulan madu kedua bersama istri kita....SIIIIPPP lah.......!!!!!!!!!

Dewasa ini di pulau Kemaro telah dibangun sebuah kelenteng yang cukup megah, jadi kalo CAP GO MEH ramenya minta ampun. Bagi kita yang muslim panorama di pulau Kemaro sangat indah untuk merenungkan kekuasaan sang pencipta. Kenapa ada kelenteng di pulau kemaro? Karena etnis Tionghoa di Palembang cukup banyak dan bisa mengumpulkan dana yang besar untuk membuat kelenteng yang mewah.

Kalo kita bikin mesjid sebenarnya bisa juga cuma rasanya kurang cocok karena di situ tempat untuk wisata......mungkin Ari Husna bisa mampir ke Masjid Agung Palembang yang letaknya berdekatan dengan jembatan Ampera dan obyek wisata benteng Kuto Besak......selamat berlibur!!!!!!

0 komentar: