Customer DriveN

Kepuasan pelanggan atau disebut juga dengan customer satisfaction adalah memberikan pelayanan yang dapat meningkatkan kinerja bisnisnya secara menyeluruh. Indikasi keberhasilan dari customer satisfaction adalah :

1.Jika pelayanan yang kita berikan melebihi dari harapan konsumen
2.Jika pelayanan yang kita sajikan melebihi dari apa yang kita janjikan
3.Jika pelayanan yang kita lakukan melebihi dari para pesaing.

Nah sekarang apa hubungannya dengan customer driven ? sebelum ke customer driven kita harus mengenal terlebih dahulu customer driver. Kata kunci dari customer driver adalah :

a.Customer orientation (berorientasi pada pelanggan)
b.Marketing strategi (memiliki strategi pemasaran) misalnya unilever dengan STP-nya yaitu : Segmentasi, Targeting dan Positioning
c.Organizational performance : Kinerja organisasi harus prima (system, struktur dan infrastruktur harus siap terlebih dahulu)

Kalau kita sudah mengetahui kata kunci customer driver dan dapat melaksanakan tersebut maka pada tahap berikutnya yang perlu dilakukan untuk melayani nasabah adalah dengan menerapkan customer driven yaitu kita harus sudah membuat antisipasi tentang kebutuhan konsumen dimasa mendatang. Kebutuhan konsumen tentunya selalu meningkat karena bervariasinya tingkah laku konsumen, untuk itu kita selaku penjual jasa harus dapat mengantisipasi kebutuhan yang timbul. Misalnya seorang nasabah ingin menebus barang jaminan tanpa membawa uang cash kebetulan dia memiliki ATM yang bisa di debet, kita harus mampu menyediakan alat dari merchant untuk menggesek dan tebusan dapat dilayani lewat auto debet. Barangkali langkah Perum Pegadaian membuka outlet UPC di berbagai daerah merupakan langkah curtomer driven bagi nasabah barangkali menginginkan lokasi Pegadaian yang lebih dekat.

Mohon Maaf Jika kurang berkenan - Wied

0 komentar: